Selasa, 07 Agustus 2012


TUGAS OBSERVASI LINGKUNGAN SEKOLAH
Kelompok               :
Anggota Kelompok   :   1. Hafshah 8G/15
                                     2. Nabila Alya Karenina 8G/24
                                     3. Rara Geodenti Lawrencia 8G/28
Topik Laporan             : Observasi di Lingkungan Sekolah
Objek yang diteliti      : Ruang  karawitan SMP N 1 Wonosobo

Hasil Laporan              :
Ruang Karawitan SMP N 1 Wonosobo

Pada hari Senin tanggal 6 Agustus kami, Hafshah, Nabila Alya Karenina, dan Rara Geodenti Lawrencia melakukan pengamatan di ruang karawitan sekolah kami. Ruang karawitan ini terletak pada lantai 3 di sekolah kami. Karna ruang kelas kami berada di lantai 2, untuk pengamatan ini kami hanya perlu menaiki tangga satu kali. Ruang karawitan ini biasa di pakai oleh siswa-siswa yang mengikuti ekstrakulikuler karawitan. Ekstrakulikuler tersebut biasa di lakukan setiap hari Senin dan Kamis untuk kelas 7 dan hari Selasa dan Kamis untuk kelas 8. Ekstrakulikuler  ini menandakan bahwa di sekolah kami masih mengembangkan budaya asli Indonesia.
Di dalam ruang karawitan ini berisi banyak  jenis peralatan gamelan, seperti: Gong, Bonang, Kempyang, Kendhang Gendhing, Kenong, Kendhang Ciblon, Gambang dan lain-lainnya. Semua peralatan gamelan di ruang ini di buat dari perunggu, jadi gamelan di sini merupakan gamelan yang baik. Di ruang karawitan juga terlihat property menari seperti kuda-kudaan. Kuda-kudaan ini biasanya di pakai untuk menari tarian ‘Kuda Lumping’.  Terdapat pula papan tulis untuk membantu kegiatan ekstrakulikuler.
            Ruang karawitan ini cukup luas. Ruang karawitan pada saat ini terlihat sangat kotor. Di pojok-pojok dinding ruangan juga terdapat sarang burung. Di ruang ini hawa terasa dingin, mungkin karena ruangan ini terdapat di lantai atas yang cukup terbuka. Jadi, banyak angin yang masuk ke dalam ruangan ini. 15 jendela cukup untuk fentilasi dalam ruangan ini.
Dari balkon ruang karawitan kami dapat melihat sebagian besar  ruangan yang ada di sekolah kami. Seperti  seluruh ruang kelas 7, kelas 9, dan kelas 8 yang saat ini masih di bangun. Kami juga dapat melihat alun-alun Wonosobo dari balkon depan ruang karawitan.
Dari semua yang kami amati, hal yang harus di perhatikan adalah kebersihan ruangan tersebut. Sebaiknya ruangan ini di bersihkan agar nyaman untuk di pakai siswa latihan karawitan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar