Selasa, 07 Agustus 2012

Ruang Karawitan


 Pada tanggal 6 Agustus 2012. Tepatnya hari Senin ini, kami berlima melakukan observasi atau pengamatan mengenai ruang karawitan sekolah kami. Saat itu, kami bermaksud ingin mengetahui kondisi dan situasi ruang karawitan. Lalu, tujuan kami memilih ruangan ini karena ruangan ini terasa begitu berbeda diantara beberapa ruangan yang ada di sekolah kami.

Ruang karawitan berada di lantai tiga, tepat berada di atas ruas kelas 8G dan 9G. Keadaannya yang sepi, kotor, dan tidak terlalu terawat, serta memprihatinkan, membuat kami tidak merasa nyaman serta tidak betah berlama-lama di sana. Namun, bila sudah berada di atas sana, udaranya cukup segar dan anginnya cukup kencang. Dari atas sana kita juga bisa melihat dengan jelas keaadan sekolah kita tercinta.Fasilitas di ruang karawitan kurang memadai untuk sebuah sekolah RSBI. Karena di sana hanya ada satu lampu itupun sudah tidak berfungsi lagi. Sebuah whiteboard dan blackboard untuk menulis not dan syair lagi yang akan dinyanyikan, dimainkan, dan dikumandangkan oleh siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakulikuler karawitan. Dan tentu saja seperangkat gamelan untuk memainkan lagu, dan mengiringi tarian. Juga ada beberapa peralatan tari yang ada di pojok ruangan tersebut. Seperti: kuda lumping yang berukuran besar dan kecil. Di pojok ruangan juga terdapat sarang burung yang cukup mengganggu. Sedangkan, di jalan menuju ruang karawitan banyak sekali kotoran burung.

 Bahkan kabarnya ruangan itu ada “penunggunya”. Kata salah satu penjaga sekolah, setiap malam terdengar bunyi gamelan dari ruangan itu. Padahal tidak ada seorangpun yang ada di sana. Kabar ini membuat para siswa ketakutan untuk masuk ke ruang tersebut. Dari penelitian atau observasi ini, kami dapat menyimpulkan bahwa keadaan dalam ruang karawitan tidak terawatt. Aneka fasilitas yang ada perlu diperbaiki, dan juga dilengkapi. Agar di kemudian hari siswa-siswa merasa nyaman dan juga betah berada di sana.

Kelompok 1:
 Amalia  Nurul Izzah (06/8F)
Aulia  Putri  Herwita (07/8F)
 Fina  Idamatussilmi (09/8F)
Rizky  Fadzilah Nur (23/8F)
Salzabilla  Ramdha  Millenisa (26/8F)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar