Senin, 21 Oktober 2013

LAUNCING BUKU DAN DISKUSI SASTRA



Bu Hening memandu Mas Aziz dan Mas Edi diskusi sastra
Wonosobo – Sabtu, 19 Oktober 2013 di Ruang Audio Visual Perpusda Wonosobo telah berlangsung Launcing Buku “Dieng dan Buku Harian Sang Ronggeng” dan Diskusi Sastra oleh Komunitas Sastra Bimolukar. Acara yang dihadiri oleh beberapa segmen masyarakat, mulai dari siswa SMP, siswa SMA, mahasiswa, dan beberapa guru ini berjalan cukup lancar dan menarik. Dipandu oleh Bu Hening Andriastuti (Guru SMA Muhammadiyah Wonosobo), dua nara sumber  yakni Abdul Aziz Rasyid (esais, Purwokerto) dan Edi Purnomo (jurnalis, Wonosobo) memaparkan tentang penulisan esai dan peliputan jurnalistik dengan penuh semangat.
Peserta launcing dan diskusi yang sebagian besar siswa SMP 1 Wonosobo
Rasa kagum dan terkesima diakui Abdul Aziz setelah membaca buku “Dieng Dan Buku Harian Sang Ronggeng”. Katanya, “Sangat luar biasa, karya yang berbau sejarah, berisi pertarungan psikologi atau kisah yang berkaitan dengan budaya ditulis oleh anak SMP”. Apresiasi tersebut tentu sangat membanggakan Komunitas Sastra Bimolukar selaku pemangku hajat, “Workshop dan Lomba Menulis Cerpen dan Puisi” beberapa waktu lalu di Perpusda Wonosobo juga.
M.Yusuf A.N me-launcing Buku Dieng
Adalah M Yusuf A.N. yang mewakili KSB meresmikan terbitnya buku sastra kumpulan karya para pemenang. Ada sepuluh judul puisi dan sepuluh judul cerpen yang masuk dua puluh besar karya terbaik dari 90-an judul yang telah lolos penjurian oleh empat orang yuri berkompeten.  Penyampaian materi yang mudah dengan gaya santai dan menarik membuat antusias para peserta launcing. Terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh siswa, mahasiswa maupun guru. Baik mengenai syarat menulis esai, cara menulis resensi buku, tips mengirim artikel pada forum Debat Kampus pada harian Suara Merdeka. Ada juga pertanyaan tentang perbedaan antara artikel populer dengan artikel ilmiah.
            Menyikapi antusiasme peserta launcing tentang menulis di media massa, Edi Purnama memotivasi agar siswa dan guru di Wonosobo mau belajar menulis. Meski daya dukung  di sekolah kurang, guru juga belum bisa mendampingi dan paham terhadap siswa yang punya minat dalam menulis, namun kehadiran KSB menjadi media yang baik untuk melahirkan sastrawan-satrawan di Wonosobo. “Selama ini, penulis Wonosobo belajar menulis malah di luar Wonosobo, seperti Yusuf A.N itu sering ke Yogya, Purwokerto atau lainnya” jelasnya.
Mas Edi Purnomo, jurnalis Suara Merdeka
“Wonosobo memiliki potensi alam yang luar biasa, keindahannya, budayanya, sejarah dan sisi lainnya. Bagi yang peka, kondisi tersebut bisa menjadi sumber ide untuk menulis. Sekali jalan ke lokasi obyek wisata, misalnya  “Telaga Menjer” dapat tercipta sepuluh judul cerpen” ujar Edi Purnomo memotivasi. Sebelum acara ditutup, empat penanya mendapat doorprice berupa buku karya penulis-penulis Wonosobo yang tergabung pada KSB, seperti Jusuf A.N, Murtiningsih, Nessa Kartika, dan Buku Karya Kumpulan Pemenang, “ Dieng dan Buku Harian Sang Ronggeng.
Kesibukan pendaftaran peserta launcing
Khususnya bagi SMPN 1 Wonosobo, penerbitan buku tersebut cukup membanggakan mengingat lima judul cerpen dan satu judul puisi adalah karya siswa SMPN 1 Wonosobo. Mereka adalah Adrian Djatikusumo, Lintang Madani, Nur Reqi Handiningsari, Asifa Oktalia, Dona Azizah, dan Almas Fatoni Yumna. Dua judul lainnya juga karya alumni SMPN 1` Wonosobo yang telah melanjutkan studi di SMKN 1 Wonosobo (Reny Slamet), dan mahasiswa UNNES (Dewi P.). Puisi Dewi P. yang berjudul “Dieng” dibacakan oleh Bu Dwi Astuti (Guru SMPN 1 Kertek) di awal acara launcing. Launcing yang dimulai jam 13.00 ini  berakhir sekitar jam  16.00 WIB. (ekohastuti)
           

1 komentar:

  1. If you're looking to lose kilograms then you certainly have to get on this brand new personalized keto meal plan diet.

    To create this keto diet service, certified nutritionists, personal trainers, and chefs have joined together to develop keto meal plans that are useful, decent, economically-efficient, and satisfying.

    From their first launch in early 2019, 100's of individuals have already transformed their body and health with the benefits a proper keto meal plan diet can give.

    Speaking of benefits: clicking this link, you'll discover 8 scientifically-certified ones given by the keto meal plan diet.

    BalasHapus