Kamis, 25 April 2013

Keluarga Flood 4 ‘Tetangga Culun’

Identitas buku
1.       Judul                                : Keluarga Flood 4 ‘Tetangga Culun’
2.       Pengarang                        : Colin Thompson
3.       Penerbit                           : Atria,
4.       Edisi                                 : Cetakan 1: Januari 2009
5.       Tahun Terbit                      : 2009
6.       Tebal buku                        : 216 halaman
7.       Penerjemah                       : Ferry Halim
8.       Penyunting                        : Indah Nurchaidah
9.       Pewajah Isi                       : Aniza Pujiati
10.   Penerbit pertama              : Random House Australia

Sinopsis :


Betty Flood tinggal di Acacia Avanue, dia adalah putri pasangan Mordonna dan Nerlin Flood. Saat liburan musim panas, ada sebuah keluarga baru tiba, mereka adalah keluarga Hulbert. Keluarga itu terdiri dari 4 orang, Mr.Hulbert, Mrs.Hulbert, Ffiona dan adik bayinya Claude. Beruntung Ffiona seumuran dengan Betty, jadi dia bisa bermain bersama dengan Betty.
Betty agak gugup saat kunjungan pertama Ffiona kerumahnya, seluruh anggota keluarga bersikap ramah pada Ffiona, bahkan si kembar Morbid dan Silent sampai jatuh cinta padanya. Perkenalan Betty dan Ffiona membutuhkan waktu yang tidak lama, mereka-pun segera berteman baik.
Pagi hari, saat hari pertama Ffiona bersekolah di Sunnyview School, dia berangkat bersama Betty. Di Juniper Street, mereka bertemu dengan 4  tukang tindas paling ganas di sekolah, mereka adalah Bridie McTort dan para kroninya. Mereka berusaha untuk berbuat jail pada Ffiona, namun hal itu dapat diatasi Betty. Di sekolah, para tukang tindas itu balas dendam pada Betty dan Ffiona, mereka berusaha menculik Ffiona dan menuduh dia telah menculik Molly McTort. Hal seperti itu terlalu mudah bagi Betty untuk mengatasinya, dan lagi-lagi Betty menyelamatkan Ffiona.
Mordonna berkunjung ke kediaman Hulbert dan mengundang mereka untuk acara Barbie ( istilah orang Australia untuk barbecue ) pada hari Minggu. Acara Barbie berjalan lancar sebelum akhirnya Nerlin meledakkan seluruh kebun dengan tanpa sengaja. Akhirnya, kedua ibu memutuskan agar mereka saja yang mengambil alih acara tersebut.
Ketika para ayah tidur di peti mati di ruangan bawah tanah, ada sebuah benda yang terbangun di peti mati yang lain. Benda itu adalah penemuan terbaru Winchflat, namanya Igorina, benda itu adalah robot yang Winchflat rancang sendiri persis seperti tokoh dalam film yang sedang dia gandrungi, Frankenstein. Sayangnya, Igorina kabur entah kemana.
Keesokan harinya, Ffiona sedang membicarakan tentang ayahnya yang selalu dilukai di kantornya bersama ibunya. Ffiona keudian menceritakan hal tersebut kepada Betty, dan seperti biasa, dia selalu membantu sahababatnya itu dalam kesusahan. Winchflat merancang sebuah alat khusus untuk membantu Mr.Hulbert melawan bosnya yang selalu membuat Mr.Hulbert kesulitan.
Dan pada akhirnya, Mr.Gross, bos Mr.Hulbert dapat disingkirkan dari kantornya dan hal itu berdampak pada kekosongan kekuasaan di kantor Mr.Hulbert. Atas usul Winchflat, Mr.Hulbert kemudian mengatakan pada kantor pusat bahwa Mr.Gross  telah meninggalkan kantor. Setelah Mr.Hulbert menyampaikan hal tersebut pada kantor pusat, Mr.Hulbert kemudian diangkat menjadi pemimpin kantor tersebut karena dia  lebih lama bekerja disana daripada yang lain.
Setelah Mr.Hulbert diangkat menjadi pemimpin di kantornya, kehidupan keluarga Hulbert berubah 180˚. Mr.Hulbert membakar seluruh baju cardigan miliknya akhir pekan itu juga di kebun belakang. Dan pada akhir pekan berikutnya, seluruh keluarga Hulbert pergi ke mal untuk membeli jeans, meski Mrs.Hulbert melarang keras suaminya ketika dia berencana membuat tato di lengannya.

Winchflat membangun sebuah ruang bawah tanah dibawah rumah nomor 11 untuk meletakkan mesin rancangannya yang digunakan untuk melacak keberadaan Igorina. Sinyal mulai tebaca, sebuah titik merah muncul di sebelah kiri layar, titik itu kemudian bergerak perlahan lalu berhenti. Ketika Winchflat sedang berbicara dengan Betty tiba-tiba sebuah lampu biru khusus di atas salah satu mesin menyala. Bunyi dengungan keras memenuhi udara dan sebuah sinar laser berkekuatan lima puluh juta watt menerangi ruangan, memantul-mantul pada dinding-dinding, menggulung di pegangan pintu dan berhenti pada lemari Zoomy Thing. Bunyi dengungan keras menghilang dan digantikan bunyi lain yang ternyata adalah bunyi pintu lemari Zoomy Thing yang terbuka perlahan. Disana rupanya ada Igorina yang berusaha keluar.
Betty mengajari Igorina menulis dan membaca setiap dia pulang sekolah, paling sedikit sekali seminggu. Si kembar mengajari Igorina cara berkebun yang baik. Merlynmary membuat monster itu tertawa saat dia memberikannya setruman bersahabat berkekuatan jutaan volt, sementara Valla mengenalkan Igorina pada nikmatnya darah. Seluruh anggota keluarga berbaik hati mengajari Igorina hal baru, termasuk keluarga Hulbert.
Kedua keluarga itu duduk di beranda belakang kediaman Flood sambil menikmati minuman slurpies. Saat itu malam Jumat yang hangat di musim panas, semua orang merasa nyaman dan relaks. Kedua keluarga itu kemudian memutuskan untuk mengadakan liburan menyenangkan di pinggiran pantai.

Amanat :
 .       Jangan lihat orang dari luarnya, tapi lihatlah dari hatinya.
2.       Jadilah teman yang selalu ada untuknya dalam suka maupun duka.
3.       Kita harus saling mambantu kepada sesama.
4.       Jangan suka berbuat usil pada orang lain, karena kita pasti akan kena batunya.
5.       Kita harus selalu ramah kepada setiap orang, walau orang itu baru kita kenal.
6.       Saling berbagilah, karena berbagi itu indah. J


Nama                    : Salzabilla Ramdha Millenisa
Kelas                     : 8 F
Absen                   : 26



Tidak ada komentar:

Posting Komentar