Senin, 15 Oktober 2012

Tips Internetan Yang Sehat


Tugas Bahasa Indonesia Menulis Petunjuk

Internet adalah salah satu hal yang sekarang sangat digemari, bahkan menjadi kebutuhan bagi masyarakat secara luas. Dengan adanya internet pastinya semua menjadi lebih mudah. Mudahnya orang-orang memberikan informasi kepada orang lain secara bebas melalui internet tentunya memilki sisi negatif dan sisi positif. Internet memang membuat segalanya menjadi mudah tetapi kita harus tetap berhati-hati. Jadi bagaimana cara menggunakan internet dengan aman dan juga nyaman? Berikut ini beberapa tips dalam menggunakan internet:
1.      Menggunakana internet sesuai kebutuhan
Diusahakan menggunakan internet dengan/sesuai dengan kebutuhan kita semata. Kadang banyak sekali orang yang memberi info salah bahkan tidak baik di Internet. Sehingga tindakan ini dapat meminimalisasi dampak negatif dari internet. Terutama pada usia anak-anak, dan remaja. Karena mereka lebih mudah terjerumus ke hal-hal yang kurang baik.
2.      Membatasi waktu dalam menggunakan internet
Pada usia-usia remaja kadang kita terlalu asyik bermain internet sehingga lupa belajar dan menjalankan kewajiban kita. Memang Internet telah menjadi salah ssatu kebutuhan dalam hidup kita. Terutama pada era globalisasi seperti ini. Namun, kita juga harus mengingat bahwa kita punya kewajiban lain di dunia nyata tidak hanya terus berkutata dengan dunia maya. Sehingga kebanyakan orang yang bermain internet secara berlebihan bisa melupakan kewajiban mereka. Sehingga perlu untuk membatasi waktu kita dalam bermain internet. Internet boleh tapi tidak boleh berlebihan!
3.      Membuka konten, file, dan website yang sesuai dengan umur kita
Internet tentunya selain bisa membanytu kita juga bisa memberikan hiburan bagi kita. Tetapi, banyak sekali remaja yang membuka konten ataupun file dan website yang memuat konten kekerasan maupun yang belum sesuai dengan umur kita. Sehingga dalam hal ini memerlukan kesadaran diri sendiri untuk bisa memilah mana yang sesuai dan mana yang kurang sesuai bagi kita. Jangan membuka konten dewasa maupun kekerasan yang berbahaya dan belum sesuai dengan umur kita.
4.      Menghindari penipuan di internet
Banyak  sekali modus penipuan yang ada di internet. Jadi jika kita ingin melakukan transaksi dengan cara online sebaikanya pastikan tentang barang dan orang yang akan melakukan transaksi online dengan kita. Tetapi, dalam hal ini juga butuh keyakinan dari hati nurani kita masing-masing.
5.      Memilah dan selektif dalam menggunakan internet
Maksudnya adalah kita bisa memilah mana budaya yang baik dan mana budaya ysng buruk yang tidak pantas kita tiru. Karena dalam internet dan dalam era globalisasi ini di dunia maya dunia ini terasa sempit. Kita bisa dengan mudahnya berkomunikasi dengan orang yang berasal dari luar negeri ataupun dari luar daerah. Sehingga kita harus bisa selektif dalam meniru budaya dari luar. Jika budaya baik, contohnya pada kedisiplinan orang-orang dari barat tentunya bisa kita tiru. Tetapi jika budaya yang kurang baik jangan kita tiru.
6.      Jangan berlebihan dalam menggunakan internet
Karena internet sangatlah bebas banyak sekali orang- orang yang menghina ataupun menyakiti orang lain. Bahkan kadang hal ini bisa berbuntut dengan permusuhan. Jadi jangan berlebihan dalam menggunakan internet. Jika ingin memberi tanggapan, komentar dan sebagainya sebaiknya jangan terlalu menyakitkan dan berlebihan. Karena, tanpa kita sadari bisa saja hal itu menyakiti perasaan orang lain. Jangan memberitahukan sesuatu yang persifat pribadi atupun juga privasi. Karena di internet itu bisa tersebar ke banyak orang dengan cepat.
7.      Menghindari penjahat internet
Di dalam dunia maya juga ada penjahat internet. Mereka biasa disebut hacker dan cracker. Mereka biasa mengobrak-abrik data orang lain bahkan hingga tindakan criminal seperti mengalihkan uang ke rekening orang lain ke rekeningnya sehingga uangnya juga bertambah. Hancker dan Cracker adalah salah satu ancaman di dalam berinternet karena mereka tak sagan-segan untuk melakukan apapun seperti mengupload  foto yang kurang baik di akun kita dan sebagainnya. Bahkan melontarkan kata-kata kasar di akun kita. Sehingga nama kita  bisa tercemar. Kita harus ekstra hati-hati.
Sekian tips dari saya. Semoga dapat berguna. Pesan saya berhati-hati dalam menggunakan internet dan selalu bisa memilah mana yang baik dan kurang baik bagi kita.
  
Nama: Aulia Putri Herwita\
No     : 07/8F


Tidak ada komentar:

Posting Komentar