Senin, 13 Agustus 2012

Laporan Observasi



Tugas Observasi
Kelompok:    3/8G

Nama:
1. Ardi Wahyu Nugroho   ( 01 )
2.Dema Tata Laksana       ( 08 )
3. Herlambang Baskara    ( 12 )
4. Itsna Khoirul R            ( 15 )
5.Wahyu Indra H P          ( 29 )

                               Ruang Karawitan SMP N 1 Wonosobo

Pada hari Senin, tanggal 6 Agustus 2012, kami dari kelompok 3 kelas VII F, mengadakan observasi di ruang krawitan SMP N 1 Wonosobo. Kami mengadakan observasi dengan tujuan menyelesaikan tugas dan untuk mengetahui kondisi ruang karawitan SMP N 1 Wonosobo. Ruang karawitan ini terletak di lantai 3.

Kondisi jalan menuju ruang karawitan tidak terawat sehingga banyak kotoran. pada tangga terdapat kotoran burung dan jalan menuju ruang karawitan terdapat banyak debu serta koridor yang kotor. Saat memasuki ruang karawitan suasana tidak menyenangkan terdapat burung yang berterbangan di ruangan, lantai ruang karawitan telihat kotor dan banyak sampah kertas, plastik dan debu. Lampu ruang karawitan tidak berfungsi. Di sudut ruang karawitan terdapat  sarang burung. Di ruang ini terdapat ruang yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan meja yang sudah tidak terpakai, tetapi tidak tertata dengan baik. Walaupun alat gamelan lengkap tetapi tidak tertata rapi, alat memukul gamelanp juga berantakan. Papan tulis di ruang karawitan ini kotor dan tidak pernah dihapus. Ventilasi dan jendela yang menurut kami masih baik yang fungsinya sebagai tempat keluar masuknya udara dan cahaya, tetapi juga kotor.

Hasil laporan ini adalah ruang karawitan yang fungsinya sebagai media pembelajaran dan pelestarian budaya Indonesia tidak terawat dengan baik sehingga ruangn menjadi kotor. Terus terang budaya Indonesia seperti ini sudah jarag disukai oleh pemuda masa kini.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar