Jumat, 10 Agustus 2012

Keadaan Greenhouse di SPENSA


Nama Kelompok    : Unyu-unyu

Kelas                         : 8F
Anggota                   :
ü      Alif Massahid A.          (04)
ü      Hani Ristiawan            (11)
ü      M. Refi Fauzi                 (17)
ü      M.Sayyid Fauzan         (18)
ü      Ryandhi Rofifu C.        (25)

Keadaan Greenhouse di SPENSA

            Pada hari Senin, 6 Agustus 2012, kelompok kami melkukan tugas Bahasa Indonesia yaitu Observasi Lingkungan Sekolah. Kelompok kami beranggotakan Alif Massahid A. , Hani Ristiawan , M. Refi Fauzi , M.Sayyid Fauzan dan Ryandhi Rofifu C. yang kesemuanya berasal dari kelas 8F. Tempat di sekolah ini yang kami observasi adalah greenhouse yang baru-baru ini telah selesai di bangun. Kami mengobservasikan tempat ini karena menurut kami tempat ini lumayan menarik untuk diobservasi.
            Greenhouse ini terletak di sebelah utara kelas 9, tepatnya disebelah utara kelas 9C dan 9D, sebelah timur sangkar burung, di sebelah barat tempat untuk olah raga lompat jauh. Bangunan ini difungsikan sebagai penampung tanaman, sebagai penambah kerindangan lingkungan dan masih banyak lagi. Bagian bangunannya tersusun dari rangka besi, tralis, sedikit tembok bata sedikit pendek, atap hijau transparan, pintu masuk dan keran air sebagai sumber air penyiraman. Di dalamnya terdapat lebih dari 100 pot  tanaman  hasil  dari siswa baru yang berupa tanaman hias, obat, buah, dan bibit pohon. Keadaan tanaman di dalamnya kebanyakan subur, tetapi sayang beberapa terlihat layu dan kering, mungkin akibat kurang adaptasinya tanaman di lingkungan yang baru, atau mungkin ada faktor penyebab lain.
            Adanya kehadiran greenhouse di sekolah kita ini pasti akan memiliki banyak manfaat. Manfaat greenhouse ini adalah sebagai penambah kerindangan di lingkungan sekolah, tempat penampungan dan perawatan tanaman, mengingatkan kepada siswa tentang pentingnya keberadaan tanaman di sekitar kita, dan masih banyak lagi. Dibalik manfaat positif, greenhouse ini masih memiliki beberapa kekurangan, antara lain beberapa tanaman berpenampilan kurang  rapi, adanya tanaman kering sehingga mengurangi keindahan greenhouse, dan sebagainya. Demikianlah hasil observasi kami. Semoga bermanfaat.

1 komentar: