Rabu, 14 Maret 2012

Membiasakan Hidup Sehat

Nama              : Amalia Almira Nugraheni
Nomor            : 2 (dua)
Kelas               : VIII G

Judul                           : Membiasakan Hidup Sehat
Jumlah Halaman          : 58 halaman
Penerbit                      : Mitra Utama
Cetakan                      : April 2008
{    Kehidupan yang sehat merupakan keinginan dan dambaan setiap orang. Jika tubuh sakit, perasaan tidak akan senang dan tentu saja tubuh merasakan sakit. Rencana hidup dan masa depan tertunda sementara pada saat tubuh merasakan sakit. Hanya satu tujuan pada saat tubuh sakit, yaitu berusaha untuk dapat sembuh kembali.
Banyak upaya yang dapat dilakukan untuk menuju sehat, seperti :
Memelihara kesehatan
Mengkonsumsi makanan yang sehat
Menerapkan cara hidup yang teratur
Meningkatkan daya tahan tubuh
Menghindari terjadinya penyakit
Melengkapi rumah dengan fasilitas untuk hidup sehat
Rutin memeriksakan kesehatan

1.                  Memelihara kebersihan
Seseorang tidak bisa memperkirakan akan datangnya penyakit dan jatuh sakit. Berbagai penyebab dapat menjadi perantara terjadinya sakit. Oleh karena itu ada beberapa cara untuk memelihara kebersihan dengan tujuan untuk menghindari bakteri/kuman yang dapat menyebabkan kita jatuh sakit, seperti :
Senantiasa mencuci tangan dengan sabun setelah menyentuh sesuatu yang kotor saat sebelum dan sesudah kita makan, sebelum memegang makanan, setelah dan sebelum kita melakukan pekerjaan, dan juga rutin untuk membersihkan semua ruangan dan perabot rumah tangga.
2.                  Mengkonsumsi makanan yang sehat
Makanan yang sehat berpengaruh pada kesehatan fisik seseorang. Makanan yang sehat dimulai dari pemilihan bahan makanan, pengolahan, dan penyajiannya dengan benar. Tubuh kita memerlukan bahan makanan yang mengandung Serat dan juga Gizi.
3.                  Menerapkan cara hidup yang teratur
Saat ini, cara hidup teratur semakin dibutuhkan. Dengan ketidak teraturan hidup, kebugaran dan kesehatan seseorang akan menurun, daya tahan tubuh akan semakin berkurang.
Salah satu cara terbaik menerapkan hidup teratur adalah makan teratur pada saat yang seharusnya, istirahat tepat waktu dan secukupnya, dan satu hal yang tidak kalah penting adalah berekreasi atau hiburan yang berguna bagi tubuh dan bagi kesehatan jiwa.
4.                  Meningkatkan daya tahan tubuh
Meningkatkan daya tahan tubuh dapat dilakukan dengan melakukan vaksinasi, pemberian vitamin dan juga berolahraga secara teratur. Usaha vaksinasi adalah usaha pencegahan (usaha preventif), usaha pengobatan (usaha kuratif), dan usaha rehabilitasi. Salah satu pemberian vitamin adalah pemberian vitamin E dan C yang mampu menurunkan resiko serangan jatung.
Berolahraga secara teratur yaitu idelanya dalam sehari seseorang perlu 30 menit – 1 jam untuk berolahraga, pada 10-15 menit pertama untuk pemanasan dan sisanya baru olahraga sesungguhnya. Sebaiknya berolahraga dilakukan dilakukan tiga atau empat kali seminggu.
5.                  Menghindari terjadinya penyakit
Motivasi untuk hidup sehat timbulnya harus dari dalam diri sendiri dengan menghindari kontak dengan sumber penularan penyakit dengan cara hidup bersih. Salah satunya dengan pendekatan dan pengamalan aturam keagamaan dengan menjauhkan seseorang dari kehidupan seks bebas, pemakainan narkotika, alkohol dan juga rokok yang banyak menimbulkan kerugian bagi tubuh manusia.
6.                  Melengkapi rumah dengan fasilitas untuk hidup sehat
Keadaan perumahaan menjadi salah satu faktor yang menentukan tingkat kesehatan. Untuk menciptakan rumah yang sehat, diperlukan upaya semua pihak daam penataannya, rumah diupayakan berdiri di tempat yang aman dari konstruksi yang membahayakan, penataan ruangan yang cukup udara dan cukup terkena sinar matahari, pembuatan tempat pembuangan sampah dan kotoran secara teratur.
7.                  Rutin memeriksakan kesehatan
Upaya kesehatanyang baik adaah seperti kata pepatah, mencegah lebih baik dari pada mengobati. Sebelum penyakit itu berjangkit pada tubuh seseorang, sebaiknya dilakukan pemeriksaan kesehatan.

{    Menerapkan hidup sehat tidak hanya pada kesehatan fisik saja, akan tetapi kesehatan mental/jiwa dan juga kesehatan sosial/masyarakat yang juga perlu kita untuk diperhatikan.
Kesehatan jiwa merupakan unsur kesehatan umum yang tak dapat dipisahkan dari unsur kesehatan fisik dan sosial. Salah satu gangguan fisik dan jiwa yang berupa emosi atau tekanan jiwa adalah stress. Stress sebagian besar dialami oleh masyarakat kota besar yang biasanya terjadi karena tumpukan pekerjaan,banyaknya tugas dan pekerjaan rumah bagi pelajar, masalah dengan rekan atau teman, dan masalah lainnya. Untuk merealisasikan tekanan kehidupan tersebut dapat dilakukan dengan melakukan hal yang tidak sama dengan kegiatan rutin yang dilakukan sehari-hari yaitu dengan rekreasi atau melakukan hiburan.
Kesehatan sosial/masyarakat merupakan kemampuan untuk memelihara dan memajukan kehidupan sendiri serta kehidupan keluarganya didalam masyarakat yang memungkinkannya bekerja, istrirahat dan menikmati hiburan pada waktunya. Tujuan kesehatan sosial/masyarakat itu sendiri adalah baik dalam bidang preventif,kuartif, maupun rehabilitasi ialah agar setiap warga masyarakat dapat mencapai derajat kesehatan yang setinggi-tingginya baik jasmani, rohani, maupun sosialnya serta diharapkan dapat berumur panjang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar