Rabu, 14 Maret 2012

M elihara Kesehatan Gigi dan Mulud

Nama  : Annisa Oksalia Permanadewi
No    : 3 [tiga]
Kelas : 8G

 Judul Buku         : Memelihara Kesehatan Gigi dan Mulut
Penulis                : Lenita Hamidi, B Sw
Jumlah Halaman : 78 Halaman
Penerbit               : CV INDRADJAYA
Tahun Terbit       : 2006
Ukuran Buku       : 14,5 cm x 21 cm
Cetakan                : I

      Buku berjudul ”Memelihara Kesehatan Gigi dan Mulut”ini memuat uraian tentang fungsi gigi dan mulut, jenis dan jumlah gigi,penyakit gigi dan mulut, cara menjaga kesehatan gigi dan mulut, perawatam penyakit gigi dan mulut hingga pembetulan letak gigi yang tak teratur dan pembetulan gigi yang salah (ortodonti).
Dalam buku yang berjudul “Memelihara Kesehatan Gigi dan Mulut”ini di jelaskan bahwa mulut merupakan pintu gerbang bagi makanan dan minuman dan gigi berguna untuk mengigit, memotong, menyobek, melumatkan makanan.
Gigi kita terbagi dalam dua jenis yaitu gigi tetap dan gigi sementara. Gigi sementara berjumlah 20 yang tumbuh sejak berumur 6 bulan dan pertumuhannya berakhir pada umur 2 tahun, mulai umur 6 tahun gigi mulai copot satu per satu kemudian tumbuh gigi tetap.
Sedangkan gigi tetap berjumlah 32 yang tumbuh sejak umur 6 tahun hingga umur 18 tahun. Gigi ini akan tetap tinggal di dalam rahang jika tidak mengalami kerusakan.
Jika kita tidak menjaga kesehatan gigi dan mulut kita, maka kita dapat terserang penyakit gigi dan mulut seperti sariawan, radang gusi, infeksi pada lidah dan langit-langit sampai pada tenggorokan, gigi berlubang, dan karang gigi. Karang gigi merupakan sisa-sisa makanan yang melekat kuat pada gigi yang jarang di perhatikan. Karang gigi biasanya berwarna kekuningan yang terdapat pada leher gigi.
      Gigi yang tidak teratur dapat di rapikan kembali dengan cara memakai alat khusus untuk keperluan tersebut yang dinamakan alat ortodonti, operasi (pembedahan) pada rahang bawah,cara lain berupa pendidikan kepada anak ketika masih kecil untuk mengubah kebiasaan yang kurang baik.
Sebab yang mengakibatkan letak gigi tak teratur yaitu rahang atas menonjol ke depan sehingga menyebabkan gigi depan atas terlihat menonjol ke depan, rahang bawah lebih menonjol ke depan sehingga gigi depan rahang bawah menonjol ke depan dagu pun terlihat sangat menonjol ke depan, kecilnya rahang jika dibandingkan dengan gigi yang lebar, besarnya rahang dibandingkan dengan kecilnya gigi sehingga gigi tumbuhnya jarang.
      Kita harus menjaga kesehatan mulut dan gigi agar dapat terhindar dari berbagai penyakit mulut dan gigi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar