Rabu, 14 Maret 2012

Kualitas Air untuk Budidya Udang Windhu


Judul                      :  KUALITAS AIR UNTUK BUDI DAYA UDANG WINDU
Penyusun               :  M. Ghufran H. Kordi K.
Editor                     : Linda ChandayanidanMeiriWidayanti
Diteritkanoleh          : Penerbit PT PercaJl. Rawagelam III/4 Jakarta Timur 13930
CetakanPertama     : Tahun 2007
Percetakan             : PT Perca
TebalHalaman         : 208 halaman
                            
RANGKUMAN
Bukuinimemuattentang :
1.    Pendahuluan
2.    BiologiUdngWindu
3.    Parameter Kualitas Air Untuk Budi DayaUdangWindu
4.    MetodeUjiKualitas Air
5.    PeralatanuntukPengelolaanKualitas Air
6.    MenurunnyaKualitas Air
7.    PengelolaanKualitas Air
8.    HubunganKualitas Air denganPakan
9.    HubunganKualitas Air denganPenyakit
  *  
              Pendahuluan
 Udangwindu (Panaeusmonodon) yang dikenaldengansebutanblack tiger shrimpadalahjenisudanglaut yang dapatmencapaiukuranbesarsehinggasangatdisukaiolehkonsumen. Jenisudanginisecarazoogeografikhanyatersebar di beberapakawasan Asia Pasifik, seperti Taiwan, Indonesia, Philipina, Thailand dan Vietnam.Sedangkanperairan di negara-negaraprodusenudang yang lainsepertiJepang, negara-negaraAmerika Latin danCinahanyadihuniolehudangdenganjenis yang berukuranlebihkecil.

Dalambudidayaperairan, khususnyaudangwindu, adaduafaktor yang berperandalammenurunkankualitas air.Pertama, faktoreksternal, yaituekosistem di luartambak yang terutamadiwakilliolehperairanpesisirdanestuarinsertadaerahaliransungai.Dalamsetiapekosistemtersebutberlangsungmacam-macamkegiatan yang menghasilkanberbagailimbah, sepertilimbahindustri, pertanian, rumahtangga, dansebagainya.Limbahinibiasanyamencemari air di sekitarlokasi yang merupakan air pasokbagiusahabudidaya.Faktorinitidakbisa di kontrol/dikendalikanolehpetambak, kecualimenghindar.Kedua ,faktor internal adalahekosistem di dalam unit tambak yang dapatdikendalikan/dikontrololehpetambak. Keduafaktortersebutsalingterkaitdanberhubunganerat.

Seedangkankunciatau modal utamakeberhasilanbudidayaudang, terutama di tambak, adalahtersediannyaair yang cukup, baikjumlahmaupunmutunya.Jumlahdanmutu air tidakterlepasdarikondisi air di luartambakmaupunpengelolanya di dalamtambak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar