Selasa, 07 Februari 2012

Membawakan Acara Peresmian Gedung Perpustakaan

Di susun oleh:
Ø Hufi Yustado                               (14 / VIII G)
Ø Michael Riyadi                             (15 / VIII G)
Ø Novia Putri Pertiwi                       (16 / VIII G)
Ø Nur Novila Pambayun                  (17 / VIII G)
Ø Paramita Nur Sabilla                     (18 / VIII G)

Smp 1 Wonosobo Jl Pemuda No. 7 Wonosobo. Tlpn (0286)321012
Website : www.smpn1wonosobo.sch.id / e-mail : humans.spenza@gmail.com

Assalamu’alaikum Wr. Wb
Para hadirin yang saya hormati dan saya muliakan. Marilah pertama-tama kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunianya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini.
Dalam rangka peresmian Gedung Perpustakaan Desa Rejosari, kami selaku panitia merasa bangga karena telah dipercayai oleh seluruh lapisan masyarakat untuk membangun perpustakaan ini. Tanpa kerja sama dan dukungan anda sekalian, mungkin gedung ini tak akan berdiri. Untuk itu, kami ucapkan terima kasih sebesar-besarnya. Semoga, dengan adanya Perpustakaan Desa Rejosari ini, wawasan masyarakat menjadi bertambah luas dan lebih berguna untuk semuanya. Amiin.
Kami akan menyampaikan susunan acara :
1.     Pembukaan
2.     Pembacaan ayat suci Al-Quran
3.     Sambutan-sambutan
·        Bapak Kepala Dinas Pendidikan , Bapak Hufi Yustado Spd MM
·        Bapak Lurah Desa Rejosari, Bapak Michael Riyadi SH
·        Ibu Pengelola Perpustakaan, Ibu Hj. Novia Putri Pertiwi
·        Wakil dari Organisasi Karang Taruna, ananda Paramita Nur Sabilla
4.     Orgen tunggal oleh Dwi Purwa Grup
5.     Makan bersama
6.     Penutupan acara
·        Berdoa bersama
·        Berjabat tangan

1. Pidato Bapak Kepala Dinas Pendidikan.

Assalamu’alaikum Wr. Wb
Assalatuwassala mu’ala asrofil anbiya’ iwal mursalin wa’ala alihi wasah bihi ajma’in Amma ba’du.
Bapak Lurah Desa Rejosari yang saya hormati, Ibu Pengelola Perpustakaan yang saya hormati, serta para hadirin yang saya Muliakan.
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji Syukur Kehadirat Allah SWT, karena Rahmatnya kita dapat berkumpul disini tanpa halangan suatu apapun.
Saya selaku Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Wonosobo turut berbahagia atas usaha para warga Desa Rejosari untuk mendirikan sebuah perpustakaan desa, pembangunan ini tidak akan berjalan lancer tanpa dukungan dari Bapak Lurah Desa Rejosari sendiri. Saya berharap  dengan berdirinya perpustakaan ini dapat mendidik warga desa mendapat lebih banyak pengetahuan, sehingga dikemudian dari kehidupan ini akan lebih maju.
Untuk itu, saya meresmikan Perpustakaan Desa ini dibangun tanggal 24 Oktober 2011 dan selesai pada tanggal 4 Januari 2012.
Demikian dari saya, apabila ada tutur kata saya yang kurang berkenan dihati anda. Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.
Wassalamu’alaikum Wr.Wb

 2. Pidato Pak Lurah Desa Rejosari

Pertama-tama , mari kita aturkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rahmatNya kita semua ada disini. Kiranya Ia yang akan memperlancar acara pada hari ini. Selamat siang dan terima kasih atas kehadiran bapak kepala dinas yang saya hormati, para panitia dan pengurus ,  Bapak/Ibu guru dan siswa siswi yang saya kasihi. Ijinkan saya menuturkan satu dua patah kata pada kesempatan kali ini.
         Seperti yang telah kita semua ketahui,perpustakaan umum adalah salah satu sarana bagi pemerintah untuk memajukan pendidikan di Indonesia.Kami sebagai sie pendidikan pemerintahan telah berjerih lelah mengusahakan adanya perpustakaan yang tidak hanya menyediakan buku pelajaran tetapi juga sebagai sarana pembelajaran yang efektif. Sehingga tujuan utama adanya perpustakaan umum ini adalah menyediakan sarana pembelajaran yang lebih mudah dan menambah wawasan baik akademik maupun non akademik. Apabila dimungkinkan, dalam satu bulan ke depan, perpustakaan akan menyediakan fasilitas internet untuk melengkapi upaya memajukan pendidikan di Indonesia.
         saya, selaku pak lurah dan pengurus juga mengucapkan banyak terimakasih bagi Bapak Ibu guru yang membantu mencari akses-akses yang berguna bagi siswa siswi dalam berjalannya perpustakaan umum. Terimakasih kepada orang tua dan pemerintahan yang telah membantu dalam proses dan pembangunan perpustakaan umum. Selain itu, perpustakaan umum juga terbuka untuk masyarakat diluar pelajar. Agar tidak menyamping dari tujuan semula, perpustakaan akan mengijinkan masyarakat untuk ikut belajar dan menambah wawasan.
         Semoga dengan adanya perpustakaan umum , pendidikan di Indonesia bisa semakin baik dan jauh dari tingkat buruknya pendidikan. Mari kita bawa Indonesia maju melalui hal kecil dan usaha yang besar, agar generasi pelajar di Indonesia bisa menjadi masyarakat yang membawa harum nama bangsa.dan semoga setelah perpustakaan ini di buka,gedung ini di buka  dapat berguna sebaik baiknya.
         Akhir kata, saya berharap, perpustakaan umum ini tidak sia-sia Sekian sambutan saya selaku ketua panitia. Mohon maaf bila ada kesalahan dalam bertutur kata.
            Terimakasih.

3. Pidato Ibu Pengelola Perpustakaan Desa Rejosari

Assalamu’alaikum Wr Wb

Yang kami hormati Bapak Kepala Dinas Pendidikan Kab.Wonosobo.Yang saya hormati Bapak Lurah Rejo Sari,serta para tamu undangan yang kami hormati pula.Dalam waktu yang berbahagia ini,marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya,sehingga kita dapat berkumpul dalam acara peresmian Gedung Perpustakaan Desa RejoSari.Saya selaku pengelola Gedung Perpustakaan mengucapkan terima kasih yang sebesar-basarnya kepada anda semua.Yang telah membantu Pembangunan Gedung Perpustakaan Baru ini hingga menjadi seperti ini.Dan saya berharap semoga gedung perpustakaan baru ini dapat membantu masyarakat,terutama dalam pendidikan dan sebagainya.Amin

Pertama,saya ingin mengatakan bahwa dalam era global saat ini, pendidikan adalah sesuatu yang penting,karena pendidikan adalah akar peradaban suatu bangsa.Pendidikan harus dimiliki setiap orang.Banyak cara yang dapat kita capai. Diantaranya melalui perpustakaan. Karena di perpustakaan berbagai sumber informasi bisa kita dapatkan, selain itu juga banyak manfaat lainnya yang bisa kita dapatkan melalui perpustakaan.Ketika kita mendengar kata perpustakaan,dalam pikiran kita segera membayangkan serangkaian buku disusun rapi di rak-rak sebuah ruangan. Pendapat ini tampaknya benar, tetapi jika kita tidak memanfaatkan buku-buku tersebut maka akan percuma.

Setidaknya ada lima fungsi perpustakaan.Pertama,adalah sumber dari semua informasi.Kedua,fasilitas pendidikan non-formal,khususnya bagi anggota masyarakat yang tidak bisa mendapatkan kesempatan pendidikan formal.Ketiga, fasilitas atau tempat pengembangan seni budaya bangsa,melalui buku-buku atau majalah.Keempat,dapat memberikan hiburan untuk masyarakat dengan membaca.Dan kelima,merupakan sarana penting untuk mendukung penelitian ilmiah, sebagai acuan atau referensi.

Kedua,banyak perpustakaan yang tidak berfungsi dengan baik.Ada beberapa hal yang sering menghambat fungsi perpustakaan.Pertama,ruang perpustakaan terbatas dan kurang strategis.Kedua,bahan pustaka yang terbatas,baik dari segi kuantitas,variasi dan kualitas.Ketiga,terbatasnya jumlah staf perpustakaan (pustakawan).Banyak perpustakaan tidak ada pengurusnya,atau hanya pekerjaan sampingan.Oleh karena itu sangat diperlukan peran pemerintah dalam mempromosikan perpustakaan, karena buku adalah pengusung peradaban.Tanpa buku,sejarah diam,sastra keheningan,ilmu pengetahuan lumpuh,pemikiran macet.Buku adalah mesin perubahan,jendela dunia,mercusuar yang berlabuh di laut waktu.Buku seperti setetes air di padang gurun.Kami haus ilmu,buku menyegarkan dari kebodohan.

Demikian sambutan dari saya,kurang lebihnya mohon maaf yang sebesar-besarnya bila ada perkataan yang kurang berkenan di hati anda semua dan semoga perpustakaan Indonesia semakin maju.

Wassalamu’alaikum Wr Wb

 4. PIDATO KARANG TARUNA
Assalamu’alaikum Wr Wb.
Bapak Wakil Kepala Dinas Pendidikan, bapak Lurah Desa Rejosari yang saya hormati. Pengelola perpustakaan Rejosari serta para tamu undangan yang saya hormati dan saya banggakan.
Alhamdulillah puji syukur pada Allah SWT / pada Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan anugrahnya kepada kita semua. Kita semua masih diberikan kesehatan, kewarasan, serta keslamatan. Sehingga kita semua dapat berkumpul menghadiri peresmian gedung perpustakaan desa Rejosari ini.
Saya disini mewakili dari Organisasi Karang Taruna, turut bahagia atas peresmian perpustakaan ini karena di desa ini akhirnya ada perpustakaan. Setelah sekian lama kita semua menunggu, akhirnya perpustakaan ini dapat dibuka. Sehingga  warga desa ini dapat mengunjungi perpustakaan ini, karena perpustakaan ini dibuka untuk umum. Semoga warga desa ini tambah senang karena telah ada perpustakaan disini. Dan semoga anak-anak dan warga tambah gemar membaca dan ilmu pengetahuan mereka semakin banyak dan luas. Dan semoga saja mereka semua tidak bosan dengan adanya perpustakaan ini. Dan mereka dapat menjaga perpustakaan dengan baik. Saya dan teman-teman dari Karang Taruna akan membantu mengelola perpustakaan ini dengan sebaik-baiknya.
Mungkin sekian dari saya. Bila ada tutur kata yang tidak mengenakkan dihati para tamu undangan saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Dan terima kasih atas perhatian anda semua.
Akhirru qoullihadza
Wassalamu’alaikum Wr Wb.

Hadirin sekalian, sampailah kita pada akhir acara penutup. Apabila ada kesalahan mohon dimaafkan.
Akhirul kalam
Wassalamu’alaikum Wr. wb
 ~~~~~~~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar