Rabu, 11 Januari 2012

Sinopsis Novel

Nama    : Annisa Oksalia Permanadewi/ 03/ 8G

( Sinopsis Novel )
                           1.    Unsur Intrinsik
Judul     : Tuilet
Tokoh    : -Edi Wardiman (Edward Culun)   : lugu, baik hati,
                -Bella                                               : baik hati, suka menolong
                -Mamih                                            : mata duitan
                -Papih                                              : romantis, baik hati, setia
                -Joko                                               : penghianat sahabat
                -Dr. Henry                                       : bijaksana, suka menolong, baik hati
              
Tema     : anak culun yang menjadi vampir
Latar      : Tempat       : sekolah, rumah
                Waktu          : pagi, siang, sore, malam
                Suasana      : menyenangkan, menyedihkan, menegangkan
Alur        : maju, karena alurnya komplit dari mulai perkenalan sampai penyelesaian
Amanat: -kita harus bersyukur terhadap tuhan yang maha esa atas segala pemberian-Nya
-       Jangan mengianati sahabat sendiri karena suatu saat kita akan butuh
mereka
2. Sinopsis Novel Tuilet
Namaku Edi Wardiman, tapi temen-temenku biasa pangil aku Edward Culun. Edward dari namaku, dan culun karena menurut mereka aku culun. Aku mempunyai ibu yang super anehyang biasa aku panggil mamih, rasanya dia tuh nganggep aku seperti ayahku (papih). Memang mamih dan papih sudah lama bercerai karena kata mamih, papih selingkuh dengan sekretarisnya padahal sampai sekarang papih belum menikah dengan siapa-siapa sebenarnya papih masih cinta sama mamih. Kata mamih mukaku ini makin besar makin mirip papih jadi jika dia melihatku, perlakuannya akan cuek kepadaku. Tapi sudahlah aku sudah terbiasa dengan perlakuan mamih terhadapku, dan aku akan selalu sayang pada mamih aku juga tau kalo sebenarnya mamih juga menyayangiku, walaupun mungkin tak sesayang mamih kepada kedua kakak perempuanku.
Aku menganggap diriku sendiri ini pecundang. Sampai-sampai sahabat aku sendiri yang bernama Joko tega-teganya ngerjain aku dengan cara dia pura-pura ngajak aku buat ngadain penelitian tentang bencong dan dia menyuruh aku buat nyamar jadi bencong, sampai akhirnya aku ditangkep polisi saat ada razia bencong. Joko ngerjain aku karena dia pengen masuk gengnya Rifan, Rifan dan gengnya itu adalah anak yang populer di sekolahku, makanya Joko pengen banget masuk gengnya Rifan yang di beri nama 9 naga itu.
            Tapi semua berubah sejak kedatangan Bella di kelasku. Bella adalah cewek cantik bermuka indo pindahan dari Bandung, dia sangat baik kepadaku dia selalu menolongku disaat aku membutuhkan bantuan, awalnya aku tak begitu memperdulikan kejadian-kejadian di saat Bella datang menolongku, yang penting aku selamat saja itu udah beruntung. Tapi lama kelamaan aku merasa ada yang janggal, di setiap Bella menolongku pasti cara menolongnya dengan cara yang aneh, misalnya saat aku di kerjai Joko dan gengnya, dengan sengaja Joko akan menabrakku dengan mobil, tetapi dengan sigap Bella langsung menahan mobil itu dan alhasil aku tidak jadi tertabrak, aku bertanya-tanya dalam hati, seharusnya jika Bella adalah manusia biasa dia tidak mungkin bisa sekuat itu menahan mobil, setelah kejadian ini aku segera bergegas pulang ke rumah tapi tiba-tiba bus yang ku naiki terjengang, alhasil akupun terluka dan dibawa ke rumah sakit.
Tiba-tiba aku melihat seorang perempuan menangis menghampiriku, ternyata itu adalah mamih. Saat ku tanya kenapa mamih menangis ternyata mamih menangis karena dia masih banyak utang kenapa aku harus masuk rumah sakit. Ya ampuun, aku udah ge-er, eeehh..si mamih malah enggak khawatirin aku..huhuhuhu.
Dalam suasana mengharukan, tiba-tiba Bella datang dengan sejuta pesonanya. Aku yakin banget kalo Bella kesini mau jenguk aku, ternyata dia kesini mau ketemu sama papanya dan kebetulan papanya Bella adalah dokter yang ngrawat aku. Hmm..dua kali deh ge-ernya.
Malam-malam di rumah sakit tuh emang gak enak banget apalagi sendirian, mamih pulang soalnya rumah gak ada yang jagain mamih takut kalo mesin cuci, kulkas,dan barang-barang yang masih belum lunas lainnya di ambil maling (ya ampun mamih). Tiba-tiba aku inget sama film-film horor Indonesia yang bersetting rumah sakit. Gimana ya kalo nanti tiba-tiba ada suster ngesot ? mending kalo dia sendirian. Coba kalo dia ngesot massal bareng dokter ngesot, apoteker ngesot, bidan ngesot dan lain-lain. Aku langsung narik slimut sampai nutupin mata. Tiba-tiba ada suara yang manggil aku "Edward...", aku segera nurunin slimut, dan ternyata telah berdiri di depan pintu seorang gadis cantik yaitu Bella. Akhirnya aku kembali menutup mataku dengan slimut, beberapa saat kemudian aku membuka mata untuk menutup pintu yang tiba-tiba terbuka sendiri, dan udah gak ada Bella di pintu yang ada malah seorang suster yang lagi berjalan ke arah kamarku. Sebenernya aku takut banget aku takut kalo suster itu hantu, lalu aku cepet-cepet lihat kakinya napak atau enggak dan ternyata napak, tetapi setelah tiba-tiba dia balik badan ternyata punggungnya bolong dan dipenuhi oleh belatung. Spontan aku langsung nungging di dipan sambil komat-kamit baca ayat kursi. Sialnya kok aku gak hafal ayat kursi ya. Akhirnya aku putuskan untuk membaca teks proklamasi kemerdekaan, semoga ini bisa memerdekakanku dari sasaran suster bolong itu.
Aku ngrasa happy banget soalnya dokter ngizinin aku pulang ke rumah setelah dua hai dirawat di rumah sakit. Mamih juga happy banget tau aku boleh pulang, bukan karena aku ccepat sembuh tapi karena pengeluaran rumah sakit bisa dihentikan.
Besok paginya aku berangkat ke sekolah. Satu-satunya penyemangatku adalah Bella.
Setelah pulang sekolah  sebenarnya aku pengen ke rumah Bella buat pinjem catetan, kan aku udah ketinggalan banyak. Tapi Bella bilang dia mau nganterin catetannya aja ke rumahku, ntar malem. Ya udah deh apa boleh buat.
Saat aku berjalan keluar sekolah tiba-tiba Joko bilang "selamat ulang tahun ed.." sambil nyeplok telur busuk di kepalaku, yang diikuti oleh anak-anak lain. Tapi ini kan bukan ulang tahunku, tiba-tiban Joko bilang "ehh, ini kan bukan ulang tahun Ed.."dan anak-anak lain kecewa karena ini bukan ulang tahunku, . Aku tahu ternyata Joko sengaja ngerjain aku. Dan ini semua udah diatur sama Joko.
Tadinya sih niatnya mau langsung pulang, tapi kayaknya nggak ada bus yang mau punya penumpang kaya aku deh. Aku putusin buat bersih-bersih dulu di kamar mandi.
Aku liat secarik kertas di tembok kamar mandi bertuliskan "Salin pake baju ini" . Di gantungan baju, aku nemuin ada kaos dan handuk menggantung. Walaupun nggak baru tapi masih kelihatan bersih.aku bertanya-tanya dalam hati, siapa ya yang nyiapin baju ini ?. ah, masa bodoh deh yang penting sekarang aku nggak pake baju seragam putih yang warna sama baunya udah gak jelas ini. Selesai bersih-bersih diri aku langsung pulang deh.
            Bella sampai di rumah jam delapan malam. Aku langsung ngajak Bella ke kamarku di loteng. Pintu kamarku aku biarin kebuka biar mamih nggak curiga aku lagi ngejalanin aliran sesat.
Bella langsung menyodorkan sebendel kertas berisi catetan. Kita berdua ngobrol-ngobrol, dan aku cerita tentang kejadian tadi siang ke Bella. Sampai rasanya aku putus asa banget,dan aku mencoba bunuh diri dengan melompat dari jendela kamar, tetapi Bella menarikku dan menahanku untuk tidak bunuh diri. Kok bisa ya Bella sekuat itu ?aku pikir ini saat yang tepat buat aku untuk tanya ke Bella siapa Bella sebenernya. Dan Bellapun akhirnya mau mengaku. Bella sebenarnya adalah seorang vampir,dan itu enggak membuat aku takut sama Bella soalnya, Bella adalah vampir vegetarian. Bella udah lama nggak minum darah, dia Cuma minum jus jengkol, jus pete,atau jus mengkudu saja, favorite Bella adalah jus jengkol. Pantesan mulut Bella kadang bau Jengkol.
Dan yang lebih mengejutkan lagi ternyata Bella yang cantik itu suka padaku karena kata Bella lobang hidungku yang besar ini memikat perhatiannya. Ternyata yang selama ini menolongku, dan yang ada di depan pintu rumah sakit itu memang Bella, sampai-sampai yang memberiku baju saat aku di kerjai Joko adalah Bella, karena Bella bisa membaca pikiran manusia, dan dia tau apa yang akan Joko perbuat tehadapku. Satu-satunya manusia di dunia ini yang tidak bisa di baca pikirannnya oleh Bella hanyalah aku, Edward Culun.
Tiba-tiba Bella mengajakku untuk terbang, dia membawaku meloncat dari satu gedung ke gedung lainnya. Dia menceritakanku awal dia menjadi vampir hingga sekarang.
Bella merupakan anak terlarang dari seorang tuan tanah Belanda dengan pekerjanya di masa jaya-jayanya dulu. Bella kemudian dibawa oleh ayahnya ke Belanda. Pada usia 17tahun, Bella nekad kabur dari rumahnya karena ingin mencari ibunya di Indonesia. Tapi, sayangnya kapal laut yang di tumpanginya karam. Bella kemudian terdampar di sebuah pulau. Dia deselamatkan oleh dokter berdarah indo. Tapi kondisi Bella amat menghawatirkan. Hingga akhirnyadokter itu nekat menempuh jalan menggigit Bella. Sejak itulah Bella menjadi vampir. Kemudian Bella sekarang hidup dengan dokter itu yang sekarang menjadi papanya. Kalo di hitung-hitung umur Bella sekarang udah ratusan tahun. Tapi seorang vampir kan wajahnya akan sama seperti dia pertama kali menjadi vampir.
Hari udah malam kita cepet-cepet balik ke kamar, takut nanti mamih keburu dateng.
Tiba di kamar, nyaris aja telat andaikan 5detik aja telat nyampe bisa ketahuan ,kalo kita habis nglayap.
Mamih bawa camilan buat nemenin kita belajar, camilan yang dibawa mamih adalah kerupuk jengkol. Jelas aja Bella seneng banget. Bella mulai memakan kerupuk itu, dia tampak sangat menikmati kerupuk itu sampai nggak sengaja air liurnya menetes dan jatuh ke tanganku, air liur itu kemudian masuk ke pori-pori kulitku dan aku nggak tau soal itu.
Sampai-sampai kerupuk itu di bawanya pulang setoples-toplesnya.
Karena hari sudah malam Bella berpamitan pulang.
            Pagi-pagi aku bangun karena disiram air bekas cucian beras sama mamih. Aku melirik jam udah jam 7 kurang sepuluh. Buru-buru aku cuci muka doang,ganti baju langsung lari cari bus. Saat berlari, aku ngrasa ada sesuatu yang aneh. Jarak antara rumah ke depan komplek biasanya harus aku tempuh setidaknya tiga menit kalo lari. Ini paling hanya tiga detik. Dan badanku terasa sangat ringan saat lari. Kalo gitu mendingan aku lari aja ke sekolah. Aku hanya menempuh perjalanan satu menit, tapi aneh karena aku ngrasa lemes dan ngrasa matahari pagi kok panas banget sampai mataku rasanya kaya mau kebakar.
Aku merasa bingung dan takjub saat sampai sekolah. Orang-orang di sepanjang koridor memandang ke arahku seolah aku ini murid baru. Di depan perpustakaan aku nyempetin buat ngaca, kok mukaku jadi pucet gini ya.
Bella tiba-tiba menghampiriku, dan dia menyuruhku buat pake sunblock dan pake softlens, begitu selesai pake sunblock sama softlens, badanku rasanya jadi lebih baik.
Setelah aku tanya ke Bella, kenapa kok tiba-tiba aku jadi gini, ternyata Bella nggak sengaja bikin aku jadi vampir. Air liur yang netes ke tubuku itulah yang membustku jadi vampir. Tapi selama Bella mau jadi insrukturku aku rasa nggak pa pa deh.
            Hari-hariku semenjak menjadi vampir hidupku semakin berubah. Wajahku semakin ganteng, memang banyak yang bilang jika menjadi vampir itu akan berubah menjadi lebih ganteng, dan banyak cewek cantik yang naksir sama aku. Jadi vampirpun sangat berpengaruh pada pelajaranku di sekolah, aku jadi pintar tak seperti sebelumnya.
Tapi ada nggak enaknya juga sih, seorang vampir tuh harus selalu wapada. Karena para werewolf siap mengintai dan membunuh para vampir-vampir baru.
Ternyata jadi vampir tuh emang gak enak banget. Gak bisa makan, gak bisa tidur, belum lagi ancaman para werewolf. Aku pengen banget kembali ke manusia biasa.
Setelah aku rundingkan dengan Bella bahwa aku ingin menjadi manusia biasa kembali Bella pun setuju walaupun berat bagi Bella untuk melepasku, karena seorang vampir tidak boleh berpacaran dengan manusia.
Setelah di beri tahu syarat-syarat yang harus dilakukan jika ingin menjadi manusia kembali. Setelah aku melakukan semua persyaratan yang diberikan dan aku berhasil menjadi manusia biasa kembali, hari ini aku ingin segera memberitaukan kepada Bella, tetapi entah dimana Bella menghilang begitu saja.aku cari di rumahnya tetapi rumahnya terkunci dan tidak ada orang yang mengetahui Bella ada di mana sekarang, aku telpon tetapi nomornya tidak aktif, dia pun tak pernah berangkat sekolah.
Esok harinya Bella pun belum berangkat juga, aku sudah bingung mau mencari Bella kemana lagi. Entah kenapa firasatku bilang kalo mungkin aja Bella mengirimiku e-mail. Ternyata benar Bella mengirimiku e-mail, yang isinya dia mengucapkan selamat tinggal kepadaku.
            Sungguh pengalaman hidup yang tak terlupakan. Selamat tinggal Bella, aku gak bakal melupakanmu.








1 komentar:

  1. Terimakasih bu atas informasinya🙏 semoga ibu diberi amal yang banyak dan bermanfaat bagi orang lain Aamiin

    BalasHapus