Selasa, 09 Oktober 2012

Surat Kecil UntukTuhan

Tugas masuk : Kamis, 27 September 2012 5:46

Nama : Agindra Putri Restroika
No : 09
Kelas : VIII G

Sinopsis Novel

Judul :Surat Kecil UntukTuhan
Pengarang : Agnes Davonar
Penerbit : Inandra Published
Tahun : September 2011
Tebal Novel : 232 Halaman, 19 cm

1. Sinopsis
Novel ini menceritakan tentang kisahnyata Gita Sesa Wanda CantikaataubiasadipanggilKekedalammelawanKankerRabdomoisarkom.Gadis yang duduk di kelas 2 SMP ini mantan artis cilik era 1998an yang gadis yang cerdas, cantik, danaktifinihidupdalamkeluargakecil yang berisi, ayah, Chika, kakakpertamanya, Kiki, kakakkeduanya. Orang tua Kekesudahbercerai, dandiatinggalbersamaayahnya.
Suatupagikeketerbangundenganmatamemerahdanhidungnyaberdarah.Diamenganggapkaluituterjadikarenakelelahansehabismengikutiolah raga Volley. Ayah kekemembawakerumahsakituntukdiperiksaDoktercumabilangkalaukekesakit flu. Tapisetelahsatuminggu, matanyatidakkunjungmemutih, malahmemerah, diajugaseringbagetmimisan.Laludoktermenyuruhkekefotorongsen, setelahfotorongsennyakeluardalambentuk copy scenen, dandokterbilangkepada ayah kekekalaukeketerkenakankerjaringanlunak, yang menyerangwajahkirikeke.Jikatidakdioprasimakahidupkeketidakakanbertahanlebihdari 3 bulan.
Hati ayah mana yang tidakhancurketikatahujalannyaoperasiituharusmembuat sang putrikehilangansebagianwajahnya. Sedangkan sang putrimulaibertanyamengapadiwajahnyamulaitumbuhgumpalansebesarbuahkelapa. Takinginmelukaihatianaknya, sang ayah bersertakeluargamerahasiakankankeritupadaKeke, panggilangadisremajaaktifdengansejutaprestasi model dantariksuara.
NamunperlahanKekemulaimenyadaridirinyabukansakitbiasa, iasadarhidupnyatakmungkinakanbertahan lama denganpandanganmata yang mulaibutaolehkanker.
Walauakhirnyaiatahuiaterserangkankerganas, iapasrahdantidakmarahpadasiapapun yang merahasiakanpenyakitmautitupadanya.
Iamemberikansenyumkepadasiapapundanmenunjukkanperjuangannyabahwadengankankerdiwajahnyaiamasihmampuberprestasidanhidup normal di bangkusekolah. Tuhanmenunjukkankebesaranhatidenganmemberikannafaspanjangpadanyauntuklepasdarikankeritusesaat.
PerjuanganKekemelawankankermembuahkanhasil, KebesaranTuhanmembuatnyadapatbersamadengankeluargasertasahabat yang iacintailebih lama. Keberhasilandokter Indonesia menyembuhkankasuskanker yang barupertama kali terjadipadaputri Indonesia inimenjadiprestasi yang membanggakansekaligusmembuatsemuaDokter di Duniabertanya-tanya.
Namunkankeritukembalisetelahsebuahpestakebahagiaansesaat, Kekesadarnapasnya di duniainisemakinsempit.IatidakmarahpadaTuhan, iabersyukurmendapatkansebuahkesempatanuntukbernapaslebih lama darivonis lima haribertahanhinggatigatahunlamanya.
Doktermenyerahterhadapkankernya, di napasnyaterakhiriamenuliskansebuahsuratkecilkepadaTuhan. Surat yang penuhdengankebesaranhatiremaja Indonesia yang berharaptidakada air matalagi di duniainiterjadipadanya, terjadipadasiapapun.Diameninggalpada 25 Desember 2006

2. KelebihandanKekuranganbuku
- Kelebihanbuku :
a. Kelebihandari novel iniadalahdapatmembuatpembacaterhanyutdalamkisah yang diceritakandidalam novel ini.
b. Kelebihanlainnyaadalahiniadalahkisah yang diangkatdarikehidupannyatadansangatmenyentuh.
c. Novel inijugamelampirkanbeberapafotoperjuanganKeke dalammelawankankerganashinggafotosahabat-sahabatKeke di pemakamansaatKekemenghadap Sang Pencipta.
d. Mengajarkankita agar ikhlasdantabahmenerimacobaandari Allah danyakinsetiapcobaanpastiadajalankeluarnya
- Kekuranganbuku :
A. Novel inihampirtidakmempunyaikekurangan, Namunsetiapkaryamanusiapastimemilikikekurangan. Kekurangandari novel iniadalahmasihadapenulisan yang salahdanjugaadapenulisan yang kurangmenarikdansulitdimengerti.
B. Novel inimembuatpenderitakankersemakintakut
3. Kelemahan
Kelemahan yang dimiliki novel ini, di antaranya kata-kata penulis yang kadangmembuatpembacaberimajinasi lain dalammenafsirkan kata-kata kiasanpenulis.
4. Kritikdan saran
Kisah yang mengajarkankitatentangartikehidupan yang sebenarnya.2 pribadi yang amatsangatberbeda.Salutbangetsamaceritanya, tapisayangpenulisannyamasihada yang kurangmenarik. Pokoknya yang belumbaca novel iniharusbacakarenasangatbagusdanmengharukan.Mungkinitusaja yang dapatsaya katakana.Janganlupabacanovelnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar