Jumat, 05 Oktober 2012

Sinopsis Novel


Tugas Bahasa Indonesia
“Novel”
Nama   :Ryandhi rofifu c
No        :25
Kelas    : 8F

A.      Sinopsis Si KambingJantan

Selepas SMU, Dika (RadityaDika), yang jugadipanggilKambing, harusmelanjutkanpendidikan di Adelaide, Australia, mengambil major finance yang tidaksesuaiminatnya. MakadimulailahperjalananDikamencarijatidiri: apa yang ingindialakukandalamhidupnyasebenarnya?
                Ketikadiamenjalanikuliah di Australia, problem munculdenganKebo (HerfizaNovianti), pacarnya, karenaharusmenjalani Long Distance Relationship (LDR) yang menyebabkanpengeluarankeuangansangatbesar, komunikasi yang terganggu, dankehidupankuliah yang semakin lama membuatmerekaberbeda.
Problem lainnyasepertibagaimanaDikamengalamikesulitandalambelajar, dankemunculan Sally Dickson, dosenbule yang lebihmiriptentarawanita, menambahdilemasiKambingdalammenyelesaikanmasalah LDR dan finance (dalamduaartisebenarnya: kebutuhan finance-nyadansekolah finance-nya).
Pertemuannyadenganseorangteman SD, Ine (Sarah Shaftiri), yang membaca blog Dikaberjudul “Kambingjantan”, membukapikirannyabahwadiabisasajajadipenuliskomedi.Sedangkan, persahabatannyadenganHarianto (EdricTjanra), anak Kediri yang juga LDR denganpacarnya, menambahkeyakinanDikauntukterusmenentukan: hidupsepertiapa yang diamau?
Karakter-karakterpendukunglainnya, seperti Mama Dika, adalahcerminanibu yang berharapbanyakpadaanaksulungnya, “mama jamansekarang” yang merasasangatmengenalanaknyaternyataharusmengakuibahwaanaknyamemiliki “kelebihan” lain. Papa DikadanAdik-AdikDikamenjadikarakter-karakter yang memperkayaunsurkomedicerdas yang adadalam film ini.

Beberapacatatandi film ini :
1. Unsurkomedi.
Unsurkomedinyabedadengankomedi WARKOP DKI yang lebaydansangatdibuat-buat. kiatganticelanadalem yang dilakukanbapaknyaDika, caradikamenghentikansemua Subtitle danparabulejadiberbahasa Indonesia, saathariantokebawa Taxi. berbedadarilawakan Indonesia biasanya. adajugaedgar yang sukabokerwaktulagirapatkeluarga.
2. “KAMAR KHAYALAN”
Wujudsebuahkamardengansatumejapanjang, 2 telepon, danjendelaberlatarbulan. disinilahDikaberhubungandenganKebosaatmelakukan LDR (Long Dick Reduction LONG DISTANCE RELATIONSHIP). jadiseolah-olahdenganmelihatBulan yang sama, merekaberadadalamsatukamar. begitudekat. tapitelpon-telponan.
3. Conflict with KEBO
Kebodigambarkansebagai orang yang “CHINA ADDICT”, dansedikit (ataukalogwbolehbilang… SANGAT) Egois.saatDikaketahuan HTS-an sama INE, Dika pun langsungngebutke Indonesia tanpabilangsiapa-siapa. dankebomenyambutdenganketus. bikingwkesel. danwaktuulangtahunnya, diadenganegoismemaksadikadatengkerumahnyapadahalDikalagi di Australia.
4. CONFLICT WITH HIS MOM
Konflikdimulaisaatnilainyajeblok. diadimarahinhabis-habisan.
disaat ending film, diadanmamanyaberada di “KAMAR KHAYALAN” danDikajujurkalodiagamaukuliah di Adelaide jurusan Finance.






4 komentar:

  1. 1.sinopsis tersebut sudah menggambarkan seluruh isi novel karena setelah membaca sinopsis novel ini saya sudah mempunyai gambaran tentang novel ini
    2.alur dari sinopsis ini belum dijelaskan sehingga pembaca masih sulit untuk mengetahui sinopsinya
    3.bahasa yang digunakan sudah lumayan bagus dan cukup mudah dipahami
    4. sebaiknya jika ingin membuat sinopsis novel harus dilengkapi dengan identitas novel

    kelompok : ahmad gunawan (03/8g)
    dimas aulia p (10/8g)

    BalasHapus
  2. novelnya cukup bagus,tetapi saya ingin mengomentari beberapa hal

    1.sinopsis ini cukup menggambarkan isi novel seluruhnya,karena saya cukup paham dengan novel ini
    2.alur cerita ini kurang jelas dan watak si tokoh kurang bisa dimengerti juga kurang lengkap menyebutkan tempat kejadian, waktu dan suasana
    3.bahasanya cukup simple dan mudah dipahami
    4.yang terakhir novel tersebut tidak jelas jarak antar katanya sehingga sulit dibaca

    Nama : Ardi Wahyu N (1)8F
    M.Sayyid Fauzan (18)8F

    BalasHapus
  3. Makasih buat kelompok : ahmad gunawan (03/8g)
    dimas aulia p (10/8g)dan kelompok Ardi Wahyu N (1)8F
    M.Sayyid Fauzan (18)F. Semoga tanggapan kelompokmu bermanfaat bagi Ryandhi rofifu c. Sebaiknya, Riandy buat sinopsis lagi ya, novelnya silakan ganti dengan judul lain.

    BalasHapus
  4. 1. Sinopsis di atas sudah menggambarakan keseluruhan isi novel, karena sudah menceritakan dari awal hingga akhir. Walaupun memang dalam setiap novel Raditya Dika cerita yang diceritakan tidak runtut / banyak tema dan bab yang tidak berkesinambungan
    2. Sinopsis di atas tidak menjelaskan alur dengan jelas karena memang novel yang dipilih kutang tepat.
    3. Bahasa yang digunakkan sudah baik.
    4. Saran :
    - Mengganti dengan novel yang lain.
    - Dalam sinopsis di atas, belum ada kelebihan / kekurangan isi novel.
    - Menulis identitas novel seharusnya lebih jelas.
    - Berhati-hati dalam penulisan.

    Nama : Agindra Putri Restroika (09/VIII G)

    BalasHapus