Sabtu, 06 Oktober 2012

Marmut Merah Jambu

NAMA : AGUS DWI LESTARI
KELAS : Vlll F
NO.absen : 02

Sinopsis Novel

A.Identitas Novel :

Judul : Marmut Merah Jambu
Pengarang : Raditya Dika
Penerjemah : Indonesia
Penerbit : Bukune
Tahun Terbit : Tidak Disebutkan
Tebal Novel : 110 hal / 220 nomer

B.Sinopsis :

Seorang anak yang bernama Dika ia sedang jatuh cintatetapi secara diam-diam. Ia malu untuk mengungkapkannya kadanh-kadang ia ingin tau lebih dalam tentang cewek yang ditaksirnya namun ia bingung bagaimana caranya, Ina nama cewek yang ditaksirnya. Ina anknya cantik, baik, dan tidak sombong. Pernah suatu ketika dika pergi dengan Ina, ia ingin apa isi hatinya, tetapi momennya belum pas.
Ketika momennya lagi pas banget, pikir Dika. Seperti yang Ira tadi anjurkan lewat telepon, ini adalah saatnya gue biang ke Ina kalau gue sangat menikmati malam ini. “Tau gak sih, Na”, kata Dika sambil menyetir, memberanikan diri untuk bicara, “Gue seneng banget hari ini”.
‘seneng Kenapa,,?? Tanya Ina.
‘Seneng soalnya ,kata gue, berhenti bicara sebentar dan menengok ke kiri untuk melihat muka Ina. Gue masang muka sok ganteng. Gue natap mukanya dengan jelas, memasang mata nanar, berkata dengan sungguh-sungguh,’seneng...soalnya...hari ini akhirnya... gue bisa pergi sama,..
AWAS!!!!! ‘jerit Ina memecahkan suasana.
BRAK!! Mobil gue naik ke atas trotoar. Mobil masih melaju kencang, dan didepan ada pohon gede. Ina ngejerit, ‘itu pohon!! ITU ADA POHON GOBLOK!!’
AAAAAHHHHH!!!!! ‘jerit gue, kacak cewek disetrum. Lalu gue ngerem dengan kencang, Ina teriak lepas. Suasana chaos.

3 komentar:

  1. 1. Sinopsis novel diatas belum menceritakan keseluruhan isi novel, karena sinopsis diatas tidak menceritakan isinya dari awal hingga akhir.
    2. Alur belum jelas, karena pada sinopsis tersebut alur tempat, waktu dan suasana tidak di cantumkan.
    3. Tokoh-tokoh dalam novel yang tercantum pada sinopsis hanya 2 tokoh yang sepertinya tokoh utama saja.
    4. Jalan cerita belum jelas, pembaca hanya mengetahui satu kejadian saja.
    5. Bahasa yang digunakan mudah untuk dimengerti oleh anak muda jaman sekarang.
    6. Sebaiknya di cantumkan kelebihan dan kekurangan novel tersebut.
    It's Okay :)

    Nama Anggota :- Hafshah (15/8G)
    - Rara Geodenti Lawrencia (28/8G)

    BalasHapus
  2. 1. Sinopsis di atas belum jelas menceritakan isi novel.
    2. Alur sangat tidak jelas.
    3. Saya pernah membaca novel tersebut, menurut saya itu tidak digolongkan sebagai novel,karena dalam satu buku menceritakan pengalaman-pengalaman dika, yang berbeda-beda.
    4. Cerita bisa di bilang masih "Menggantung".
    5. Tokohnya "Ina" atau "Ira"
    6. Beberapa penulisan ada yang salah.
    7. Sebaiknya menggunakan bahasa yang lebih sopan.
    8. Dengan 110 lembar halaman sangat tidak mungkin jika sinosis tersebut hanya sedikit.
    saran
    - Dicantumkan kelebihan dan kekurangan novel.
    - Jangan menggunakan Novel yang isinya berbeda-beda.

    Nabila Alya Karenina (VIII G/ 24)

    BalasHapus
  3. Makasih Hafshah Qonita, Rara, dan Nabila Alya, komentarmu bagus dan lengkap. Semoga jadi masukkan yang baik bagi AGUS DWI LESTARI (8F).

    BalasHapus