Kelompok : 4 (empat)
Anggota
Kelompok : 1. Alivia Suryaningrum
(05/8F)
2. Hilma Ahda Sabela (13/8F)
3. Maldaa Syahirunnisaa (16/8F)
4. Pratiwi Aura Reviani (20/8F)
5. Rizki Pramudya Sari (22/8F)
TUGAS
BAHASA INDONESIA
Mushola
SMPN1 Wonosobo
Pada tanggal 6 Agustus 2012 lalu, kami dari kelompok empat melakukan
observasi lingkungan sekolah SMPN 1 Wonosobo. Kami memilih mushola sebagai
pokok bahasan kami. Mushola adalah tempat penting selain kelas sebagai tempat
untuk menimba ilmu. Sebagian warga SMP N 1 Wonosobo menggunakan mushola sebagai
tempat beribadah bagi yang menjalankannya. Akan tetapi, tidak sedikit pula yang
memilih menjalankan sholat di Masjid Agung Jami’ yang letaknya tidak jauh dari
SMP N 1 Wonosobo.
Setiap sekolah pasti mempunyai ide-ide yang berbeda satu sama lain. Ide
yang dimaksud adalah bagaimana membangun suatu tempat dan bagaimana pula
bangunannya, arsitekturnya, dan cara merawatnya. Di SMPN 1 Wonosobo hanya
terdapat 1 mushola. Mushola ini terletak di sebelah barat gudang (dulu kelas 9
F) dan juga terletak di dekat dapur SMPN 1 Wonosobo. Di mushola tersebut,
kita tidak perlu repot membawa mukenah untuk kaum hawa,karena
di mushola ini sudah disediakan. Namun, bukan berarti kita hanya mengandalkan
mushola tersebut. Karena jumlah mukenah yang ada, tidak sebanding dengan jumlah
kaum hawa yang ada di SMPN1 Wonosobo. Mushola ini sangat berguna bagi warga
SMPN 1 Wonosobo. Keadaan mushola ini sangat memprihatinkan. Mushola, tempat
untuk beribadah kaum muslim, seharusnya dijaga dan dirawat dengan baik. Mushola
ini sangat berantakan dan tidak terurus. Mulai dari perawatan alat untuk
ibadah, seperti mukenah yang sering diguakan. Mukenah yang ada, kotor dan
berjamuran. Karena yang menggunakannya tidak mengeringkan air yang ada setelah
wudlu. Pengguna mukenah kurang bertanggung jawab saat selesai menggunakan
sehingga, mukenah yang seharusnya tertata rapi menjadi berantakan tidak lengkap
lagi. Tidak hanya mukenah saja yang
kurang terawat. Banyak contoh lain seperti langit-langit yang berlubang.
Keadaan ini menyebabkan ketidak nyamanan bagi kaum muslim yang menggunakannya.
Terlebih-lebih barang-barang yang ada dan tidak digunakan menjadikan mushola
tersebut layaknya seperti gudang.
Di
sana tidak terdapat rak sepatu, sehingga sepatu-sepatu orang yang akan
beribadah di mushola itu akan berantakan dan terinjak oleh orang - orang yang
melewati mushola itu. Sehingga depan
mushola tidak terlihat rapi. Sebaiknya, sekolah menyediakan rak sepatu untuk sepatu
orang orang yang akan beribadah di mushola tersebut, agar terlihat rlebih rapi. Sebaiknya sekolah juga mengeluarkan
uang untuk pembetulan atau perlengkapan bagi mushola tersebut, seperti untuk
membeli mukena yang layak untuk digunakan bagi anak sekolah setara SMP, rak
sepatu, dan juga digunakan untuk pembetulan mushola seperti atap yang rusak
maupun cat yang mulai pudar. Lebih baik jika sekolah membangun masjid dan
masjid itu dapat digunakan untuk sholat berjamaah kaum muslim yang ada di SMP N
1 Wonosobo. Tak lupa sebaiknya warga SMP N 1 Wonosobo yang menggunakan mushola
tersebut ,menjaga kebersihan mushola dan merawat barang-barang yang ada
seperti mukena dan sajadah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar