Senin, 12 Maret 2012

Televisi Sebagai Media Pendidikan

 Nama : Fatkhi A'yuni/8G

Nama Pengarang             : Darwanto sastro Subroto
Penerbit                          : Duta Wacana University Press bekerja sama dengan Media Wiyata
Kota terbit                      : Yogyakarta
Tahun terbit                     : 1992
Tebal Buku                      : 224 halaman
Cetakan                          : Kedua

Rangkuman                     :

 1.    Arti Komunikasi Massa
Kalau kita berbicara masalah komunikasi massa, tentu media massa tidak akan ketinggalan dibicarakan. Karena komunikasi massa hanya dapat berlangsung melalui media massa.
                Dapat disimpulkan arti komunikasi massa adalah :
a.       Komunikasi massa jumlahnya banyak dan tersebar dan heterogen
b.      Dalam berkomunikasi memerlukan “medium” media cetak atau media elektronik atau dengan kata lain media massa modern.

2.       Fungsi Media Massa
Media massa berfungsi sebagai berikut :
1)      Sebagai media berita dan penerangan
2)      Sebagai media pendidikan
3)      Sebagai media hiburan
4)      Sebagai media promosi

Sedangkan televisi sendiri di Indonesia berfungsi untuk :
a.       Alat Komunikasi Pemerintah
1)      Memperkokoh Pokok - Pokok Sosial Budaya
Pengaruh media masa di negara yang sedang berkembang, termasuk Indonesia, televisi dapat mengarahkan perhatian masyarakatpada masalah pembangunan.
2)      Melakukan adaptasi terhadap budaya asing
Karena keheterogenan masyarakat pemirsa, timbul kesulitan tersendiri dalam upaya menumbuhkan nilai – nilai kehidupan baru dalam masyarakat.
3)      Kemampuan mengubah norma sosial budaya
Pengaruh siaran televisi tidak disangsikan lagi, khususnya dalam hal menumbuhkan norma – norma budaya baru, sehingga masyarakat dapat dipengaruhi, dan lambat laun norma – norma masyarakat yang ada akan terdesak.
b.      Televisi Sebagai Alat Komunikasi Massa
Karena adanya “revolusi”  dibidang satelit komunikasi  massa yang terjadi pada dekade akhir – akhir ini, daerah jangkauan siaran televisi siaran televisi, dibelahan bumi manapunsudah tidak menjadi masalah lagi bagi media massama\eskipun kalau dihitung dari usia kelahirannya televisi relative masih muda.


c.       Televisi Sebagai Alat Komunikasi bangunan
Media televisi berperan menyampaikan informasi kepada masyarakat mengenai pembangunan yang sedang direncanakan untuk masa mendatang

3.       Media Massa Mengandung keserempakan
Yang dimaksud keserempakan ialah dalam waktu yang relatif sama, khalayak dimanapun berada menerima informasi dari media yang bersangkutan
4.       Etos Komunikator
            Komunikasi melalui media masa akan menjadi lebih efektif, di dalam hal penyebarluasan informasi . sedangkan dalam hal mempengaruhi komunikasi, komunikasi interpersonal yang akan menentukan. Dalam hal ini telah dibuktikan melalui teori komunikasi dua tahap.
5.       Pesan Komunikasi
            Kalau diperhatikan acara siaran baik radio maupun televisi, terbagi manjadi 2 kelompok. Pertama, kelompok acara yang bersifat umum. Sasarannya khalayak komunikasi secara keseluruhan. Kedua, acara siaran yang sasarannya hanya untuk kelompok tertentu disebut sebagai kelompok sasaran.
Dari sini dapat ditarik kesimpulan bahwa agar komunikasi menjadi lebih efektif komunikasi massa dan interpersoneal akan saling mengisi.

Hak – hak yang menyebabkan televisi sangat berperan dalam dunia pendidikan, adalah sebagai berikut :
a.       Buku pelajaran yang tidak mencukupi  dan penyebarannya sangat sulit akibat transportasi yang tidak lancar.
b.      Jumlah kelas tempat belajar sangat terbatas
c.       Peralatan laboratorium jumlahnya terbatas juga
Perihal penggunaan televisi, khususnya di sekolah memang besar sekali manfaatnya. Seperti yang diungkapkan oleh Oemar Hamalik sebagai berikut :
a.       Televisi bersifat langsung dan nyata
b.      Televisi memperluas tinjauan kelas
c.       Televisi dapat menciptakan kembali semua peristiwa yang lalu
d.      Televisi dapat menunjukkan banyak hal dan segi
e.      Televisi menarik minat, bukan saja bagi anak – anak melainkan juga orang dewasa
f.        Televisi mampu memberi bantuan kepada guru
g.       Televisi mampu membawa sumber – sumber yang ada di masyarakat ke dalam kelas
h.      Masyarakat akhirnya mengerti tentang sekolah secara nyata

Acara pendidikan harus memiliki ciri – ciri sebagai berikut :
1.       Mempunyai sasaran khalayak yang khusus/terbatas
2.       Tujuan umum acara sejalan dengan tujuan pendidikan nasional negara yang bersangkutan
3.       Persyaratannya dilakukan secara sistematis dan berseri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar