Jumat, 16 Maret 2012

Kiat Sukses Beternak Jangkrik (Best Seller)


 Nama  : Wilda/8G

·         Judul Buku                :           Kiat Sukses Beternak Jangkrik (Best Seller)
·         Nama Pengarang       :           Hardi Soenanto
·         Penerbit                     :           CV. Aneka Ilmu
·         Kota Terbit                :           Semarang
·         Tahun Terbit               :           2010
·         Tebal Buku                :           58 halaman
·         Cetakan                     :           1

Sinopsis :
 Buku berjudul Kiat Sukses Beternak Jangkrik ini menerangkan kiat beternak jangkrik dengan teknik pembudidayaan yang tidak terlalu sulit. Jangkrik adalah serangga (insect) dengan sub kelas pterygota berukuran sedang dengan panjang ± 3cm. Memiliki kaki yang panjang untuk meloncat dan memiliki dua pasang sayap.  Hewan yang masuk ke dalam divisi Exopterygota ini hidup aktif di malam hari, serta mengkonsumsi daun-daunan serta biji-bijian yang ditemukan di tempat  keberadaannya. Jangkrik memiliki banyak manfaat yaitu dapat digunakan sebagai lahan usaha atau bisnis, seperti menjadi pakan burung & ikan, dan sebagai campuran kosmetika.
Keberadaan jangkrik yang dulu disepelekan kini mulai diminati oleh peternak. Seiring berjalannya waktu, beternak jangkrik ternyata memiliki prospek yang cerah dan dapat mendatangkan keuntungan yang luar biasa.
Keberhasilan budi daya jangkrik akan terpenuhi apabila dapat mencapai tiga hal berikut, yaitu : berhasil menetaskan, berhasil membesarkan dan berhasil memasarkan.
Di negara kita budi daya jangkrik masih relative baru. Bahkan banyak masyarakat yang belum tahu cara budi dayanya, kegunaan serta cara pemasarannya. Dari segi teknik pembudidayaannya tidak terlalu sulit, asal sabar dan telaten. Dalam buku ini dikemukakan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan pembudidayaan jangkrik.
Dilihat dari sarana dan prasarana, sebenarnya tidak terlalu rumit. Kita harus menyiapkan modal dan ruangan atau tempat pembudidayaan. Untuk memulai usaha beternak jangkrik hilangkan dulu perasaan pesimistis tentang modal yang harus dikeluarkan, karena dalam hal ini modal bersifat relative. Besarnya modal tergantung seberapa besar dari tempat atau ruangan yang akan digunakan. Ruangan atau tempat untuk beternak jangkrik tidak selalu harus luas. Namun perlu disesuaikan berapa kotak dan berapa ekor jangkrik yang akan diternakkan dan juga memenuhi syarat.
Perlu juga disiapkan kotak bertelur dan kotak pembesaran. Kotak bertelur ialah tempat jangkrik yang siap bertelur. Sedangkan tempat pembesaran adalah tempat penetasan telur sampai anakan jangkrik tumbuh besar.
Ada beberapa cara untuk mendapatkan bibit (induk) jangkrik yang siap bertelur, diantaranya : membeli di pasar burung, membeli di peternakan, mencari di sawah, dan mengusahakan pembibitan sendiri. Dalam hal ini kita harus benar-benar jeli dalam memilih bibit serta memperhatikan cirri-ciri bibit (induk) yang baik, yaitu yang siap bertelur.
Kemudian, kita harus mempersiapkan sarana penetasan, proses oenetasan, perawatan serta pemeliharaan, cara memberikan pakan, dan pemasaran. Selain itu juga harus diperhatikan kendala-kendala yang mungkin terjadi saat pembudidayaan jangkrik, seperti kendala kematian .
Selain teknik pembudidayaan di atas, buku Kiat Sukses Beternak Jangkrik ini juga memaparkan trik-trik bisnis jangkrik yang jelas akan sangat membantu bagi para peternak.


v  Rangkuman :

Buku berjudul Kiat Sukses Beternak Jangkrik ini menguraikan tentang teknik-teknik pembudidayaan Jangkrik. Diantaranya meliputi meliputi berbagai aspek yang mempengaruhi keberhasilan usaha ternak jangkrik. Permasalahan seperti pengenalan jangkrik, sarana dan prasarana yang perlu dipersiapkan, teknik pembudidayaannya, kendala-kendala yang dihadapi, cara pemasarannya sampai pada analisis ekonomi disajikan secara sistematis dan praktis sehingga para pembaca mudah untuk memahami serta mempraktikkannya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar